19 Manfaat Olahraga Skipping (Cara Skipping nan Benar)

Olahraga skipping cukup mudah dan sederhana dilakukan, sebab dapat dilakukan dimana saja, baik itu di dalam rumah, halaman rumah, lapangan dll, sebab gak memakai tempat nan luas.

Skipping sebenarnya sudah cukup digemari orang-orang, di sekolah pada pelajaran olahraga, biasanya ada pelajaran tuk olahraga skipping.

Olahraga skipping ini juga gak memerlukan biaya nan besar, harga peralatannya cukup murah.

Manfaat Olahraga Skipping (Cara Skipping nan Benar)

Umumnya orang sudah paham tenang cara melakukan olahraga skipping. Diawalli dengan berdiri tegak dengan posisi tegap seraya kedua tangan memegang ujung tali.

Tempatkan tali di belakang tubuh (sebaga posisi awal). Lalu ayunkan tali ke depan dan melompatlah, tali nan diayunkan dijadikan rintangan lompatan.

Saat melompat, jangan sampai menginjak tali.

Cara olahraga skipping nan benar
Latihan skipping biasanya juga dialkukan sebagai pemanasan sebelum latihan utama. Tetapi latihan skipping sendiri apabila dilakukan cukup lama, maka juga sudah dapat membuat lelah.

Melakukan skipping, usahakan selama 5-15 menit pada setiap sesinya. Setelah itu kamu dapat beristirahat sebenatar, lalu lanjutkan sesi selanjunya. Jumlah sesi tergantung dari kemampuan diri sendiri.

tuk gerakan skipping, hendaknya divariasikan, yaitu dengan kedua kaki dan dengan mengangkat satu kaki…

...hal ini bertujuan tuk melatih keseimbangan kaki, serta meningkatkan koordinasi tubuh.

Sebelum melakukan olahraga kipping, disarankan melakukan pemanasan, guna mencegah resiko  cedera otot.

Apabila belum terbiasa melakukan skipping, maka mulailah dengan porsi latihan nan ringan, baru setelah terbiasa mulai meningkatkan porsi latihan secara perlahan.

Lakukan olahraga skipping di tempat nan lunak atau di atas matras. Gunakan sepatu olah raga nan bersol tebal, hal ini tuk mengurangi tekanan pada tungkai.

Penggunaan tali skipping nan pendek (tapi juga jangan terlalu pendek) akan membuat putaran lebih cepat, nan akan membuat kamu dapat melompat lebih sering.

Penggunaan tali skipping nan berat tuk melatih otot bahu dan tangan menjadi lebih kuat. (Adapun bagi pemula cukup memakai tali skipping nan ringan.

Saat melakukan skipping sebaiknya pandangan lurus kedepan supaya tetap dapat konsentrasi.

gak perlu melompat tinggi saat tali menyentuh lantai, dimana tinggi lompatan sekitar 2-3 cm dari lantai, sebab nan penting tali dapat lewat di bawah kedua kaki (tali menyentuh lantai).

Dalam melompat, usahakan posisi agak jinjit saat mendarat. Hindari sampai tumit menyentuh lantai, hal ini supaya gak mudah capek.

Hal nan harus dihindari adalah melompat terlalu tinggi, lebih buruk lagi apabila mendarat dengan tumit saat menyentuh lantai…

...sebab dijhawatirkan dapat beresiko cedera pada lutut dan pergelangan.

Manfaat olahraga skipping

#1. Mengencangkan otot. Secara teratur olahraga skipping memberikan manfaat berupa nan dapat semakin kencang, hal ini sebagai efek dari lompatan nan dilakukan.

Otot dapat semakin kencang dan kuat, terutama pada otot kaki dan otot bagian bawah tubuh. Selain juga otot bagian atas tubuh seperti lengan dan bahu, hal ini sebab tangan nan bekerja sebagai poros dari putaran tali.

Dengan melakukan skipping, dapat semakin memperkuat otot lengan dan kaki.

#2. Menurunkan Berat Badan. Olahraga skipping nan dilakukan selama satu jam, membakar kalori dalam tubuh sekitar 1000 kalori. Selain itu, juga membakar lemak did alam tubuh, nan nantinya dikeluarkan bersama keringat.

Dengan begitu, bagi orang nan srdang menjalankan program diet, skipping dapat menjadi pilihan bagus tuk dilakukan secara rutin.

Skipping apabila dilakukan secara teratur, memberikan efek berupa pembakaran sejumlah kalori di dalam tubuh, sehingga cadangan lemak nan disimpan di dalam jaringan lemak (nan ada di beberapa bagian tubuh) akan diambil.

Sehingga, membuat tubuh akan mengalami penurunan bobot tubuh menjadi ideal.


#3. Membentuk Tubuh, yaitu membuat tubuh berotot pada bagian tertentu sebagai hasil dari olahraga skipping. Otot bagian kaki menjadi terlatih, kencang dan tetap ramping (gak berlemak), hal ini terliha pada bagian betis, nan memberikan bentuk indah pada kaki.

Selain itu, lengan juga semakin terlatih ototnya, hal itu sebab tangan digunakan sebagai poros berputarnya tali.

#4. Menambah Tinggi Badan. Masa remaja menjadi waktu utama dalam masa pertumbuhan, pada masa ini sangat nan menentukan bagi seseorang tuk tumbuh dengan tinggi ideal.

Olahraga skipping bermanfaat tuk meninggikan badan.

#5. Meningkatkan Fertilitas. Kondisi pola menstruasi nan gak teratur menjadi sebuah masalah, nan mempengaruhi organ reproduksi wanita. Masalah nan sangat dikhawatirkan adalah kesulitan dalam mendapatkan keturunan.

Olahraga skipping mampu membantu memperbaiki fungsi reproduksi, nan termasuk meningkatkan fertilitas.

#6. Mencegah Osteoporosis. Osteoporosis merupakan sebuah masalah berupa kerapuhan atau pengeroposan organ tulang.

Olahraga skipping nan dilakukan memberikan manfaat berupa menjaga kepadatan tulang.

Dengan rutin olahraga skipping, sangat penting tuk menurunkan resiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).

Sebuah penelitian nan dilakukan oleh para peneliti dari Osteoporosis Society di Inggris, hasil penelitian menemukan bahwa olahraga skipping secara rutin selama masa hidup, membuat orang tersebut memiliki resiko nan kecil mengalami pengeroposan tulang.

AKAN TETAPI, orang nan sudah terlanjur menderita osteoporosis (apalagi usianya sudah uzur) maka harus menghindari olahraga melompat-lompat seperti skipping, sebab justru memperburuk kondisi penyakit osteoporosis nan diderita.

#7. Meningkatkan Kinerja Otak. Skipping nan dilakukan berisi kombinasi dari irama gerakan lompatan dan ketepatan dalam melewati rintangan (tali).

Terbiasa melakukan skipping memberikan rangsangan pada otak supaya bekerja lebih cepat dan tepat dalam mengkalkulasikan gerakan melompat...

...dimana saat awal-awal bermain skipping, seseorang dilatih tuk dapat tepat waktunya tuk melompat melewati tali.

Olahraga skipping melatih otak tuk terbiasa bekerja cepat dan tepat. Skipping nan dilakukan barisi pelatihan koordinasi tubuh nan baik, kemampuan reflex (gerak) serta keseimbangan tubuh, nan semua itu berkaitan dengan melatih otak.

#8. Mengoptimalkan energi. Olahraga skipping membantu seseorang tuk mengoptimalkan energi di dalam tubuh. Latihan nan dilakukan secara rutin nantinya membuat tubuh terbiasa tuk memanfaatkan energi nan tersimpan.

Ketika usia telah tua, maka energi tubuh tetap dalam kondisi baik, sehingga tetap dapat beraktivitas seperti saat muda.

#9. Kesehatan jantung. Skipping menjadi salah satu bentuk terbaik dari jenis latihan cardio, nan memberikan kontribusi tuk kesehatan jantung.

Organ kardiovaskular termasuk jantung, bersama dengan arteri dan vena nan membantu darah dan oksigen beredar antara jantung dan organ-organ tubuh lainnya. Hal ini sangat baik tuk kesehatan organ tubuh, terutama organ vital jantung.

#10. Menghilangkan toksin dalam tubuh. Olahraga skipping nan dilakukan membuat pori-pori tubuh mengeluarkan keringat, nan membuat racun dapat dibuang dari tubuh secara maksimal.

Proses detoksifikasi (pembuangan racun dari dalam tubuh) sangat penting guna mencegah penyakit nan timbul sebab polutan, racun dan zat berbahaya dari makanan nan dikonsumsi.

#11. Skipping nan dilakukan dapat meningkatkan kemampuan stamina tubuh (sehingga gak mudah lelah), selain itu juga menjaga kelenturan tubuh.

#12. Lompatan nan dilakukan saat skipping meningkatkan kemampuan keseimbangan tubuh.

#13. Olahraga lompat tali (skipping) melibatkan berbagai otot di tubuh, yaitu otot lengan, bahu, dada, betis dan otot lutut. Sehingga, lompat tali menjadi salah satu latihan nan dapat melatih otot bagian tubuh atas dan bagian tubuh bawah sekaligus.

#14. Olahraga skipping secara rutin mampu membuat kondisi sirkulasi darah lancar, sehingga nutrisi mudah diserap oleh kulit tubuh, sehingga menyehatkan kulit.

Loading...

#15. Olahraga skipping meningkatkan kemampuan gerak kaki, keseimbangan, koordinasi, dan kelincahan. Sebagian besar pelari dan atlet lainnya sering melakukan lompat tali dalam latihan rutin nan dilakukannya.

#16. Mencegah Stres. Sinkronisasi gerakan kaki dan tangan nan dikendalikan oleh fikiran, membuat aktivitas skipping ini sangat menyenangkan, nan membantu tuk mencegah terjadinya stres pada jiwa.

#17. Olahraga skipping membuat kamu dapat lebih waspada. Dimana skipping dapat meningkatkan keterampilan perhatian kamu.

#18. Olahraga skipping sangat menyenangkan apabila dilakukan bersama teman atau sekelompok teman.

#19. Ketika olahraga skipping bersama-sama dengan teman (satu tali dengan dua orang), maka membuat kamu semakin terlatih dalam memperkuat kerja sama tim dan keterampilan sosial di dalam diri.

Bahaya lompat tali berlebihan atau caranya nan salah:
  1. Lompat tali secara berlebihan dapat beresko tinggi mengalami keseleo sebab kesalahan saat menumpukan kaki saat melompat. 
  2. Terlalu lama melakukan olahraga lompat tali dapat terkena keram otot pada bagian betis dan tulang kering. Apalagi apabila kondisi kaki saat mendarat gak baik.
  3. Skipping sebenarnya dapat tuk mengatasi asma, akan tetapi apabila terlalu lama skpping justru dapat menjadi penyebab dada sesak nafas, nan membuat asma kambuh. Olahraga lompat tali secara berlebihan (termasuk gak ada jeda / istirahat dalam sesu latihan) dapat membuat oksigen di dalam tubuh menjadi sedikit. 


Ibu hamil jangan melakukan skipping
Walaupun skipping gak berbahaya bagi rahim wanita, tetapi itu hanya berlaku tuk wanita nan gak mengandung. Adapun keadaannya menjadi berbeda bagi wanta nan sedang mengandung.

tuk ibu nan sedang mengandung maka jangan melakukan skipping sebab gerakan melompat nan dilakukan berkali-kali dapat membahayakan janin dalam kandungan.

tuk itu, ibu hamil disarankan tuk mencari jenis olahraga lain nan juga ringan dan minim resiko, ibu hamil disarankan tuk berjalan-jalan kecil di pagi hari.

Referensi:
  1. 7 Amazing Skipping Benefits: From a Healthy Heart to a Beautiful Skin
  2. 14 Amazing Benefits Of Skipping Exercises For Your Body
  3. What Are the Benefits of Skipping for Weight Loss? 

0 Response to "19 Manfaat Olahraga Skipping (Cara Skipping nan Benar)"

Posting Komentar