19 Khasiat Minyak Bunga Matahari: tuk Kesehatan, Kecantikan, Kulit, Wajah, Rambut, dll

Minyak bunga matahari diperoleh dari biji bunga matahari. Para pecinta keindahan bunga sudah gak asing lagi dengan nan namanya bunga matahari.

Pada biji bunga matahari dapat memproduksi minyak, dimana minyak biji bunga matahari diperoleh dari pengekstrakan dari biji bunga matahari.

Kandungan berupa beta-karoten dan vitamin A nan ada di dalam minyak biji bunga matahari, menjadi salah satu kandungan nan paling bermanfaat.

Secara umum, minyak bunga matahari mempunyai kandungan nutrisi nan cukup seimbang, sehingga memberikan kegunaan penting bagi kesehatan tubuh. Selain vitamin A, terdapat kandungan vitamin E dan lemak sehat Omega-6.

Minyak Bunga Matahari
Minyak Bunga Matahari | Sumber gambar: Torange.biz

Manfaat Minyak Bunga Matahari

1. Menurunkan Kolestrol Jahat
Kolestrol tinggi dapat menyebabkan masalah nan mengerikan bagi kesehatan tubuh, nan paling umum diketahui adalah menyebabkan penyakit jantung, bahkan stroke.

Kandungan nan ada di dalam minyak biji bunga matahari bermanfaat tuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Kandungan omega-3 dan 6 nan sudah umum diketahui terdapat pada ikan, kandungan sehat ini juga terdapat pada minyak biji bunga matahari ini. Manfaat omega-3 dan 6 ini sangat penting dalam mengatasi masalah kolestrol tinggi (LDL).

Kandngan omega-3 dan 6 juga dapat diperoleh dari ikan salmon, tuna, kacang almond, dan kacang-kacangan lainnya.

Dari laman Amazine.co, bahwa kandungan asam lemak omega-3 memiliki fungsi nan vital dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama dalam mengatasi dan mencegah tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Kandungan omega-3 berfungsi tuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Fungsi HDL adalah melindungi kesehatan organ jantung dan lainnya.

Mereka nan mencukupi kebutuhan tubuh akan omega-3, dijelaskan para ahli kesehatan bahwa mereka juga mampu menurunkan jumlah trigliserida di dalam darah.

Tingginya kadar LDL dan trigliserida mengakibatkan masalah berupa penumpukan plak di dinding arteri, nan kemudian dapat menyebabkan tingginya resiko seseorang terkena penyakit jantung atau stroke.

Sebagian para ahli kesehatan menjelaskan bahwa mengonsumsi suplemen minyak ikan mampu menurunkan  kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Hal itu sebab adanya kandungan penting asam lemak omega-3 di dalamnya.

Demikian juga, minyak bunga matahari memiliki kandungan omega-3 nan bermanfaat tuk itu.

Ahli kesehatan dari University of Maryland menjelaskan bahwa makanan nan kaya akan kandungan asam lemak omega-3 memiliki keampuhan nan tinggi dalam usaha menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam tubuh.

2. Membantu Mencegah Kanker
Tanda-tanda kemunculan kanker saat awal-awal tubuh terkena kanker, umumnya orang-orang gak menyadarinya sebab gak terasa. Seringkali ketika kanker baru memasuki stadium pertama gak disadari kemunculannya.

Sehingga melakukan usaha kesehatan supaya tercegah dari resiko kanker adalah hal nan sangat penting. Vitamin E nan terkandung di dalam minyak bunga matahari adalah antioksidan nan memiliki fungsi vital dalam menangkal serangan radikal bebas ke tubuh.

Dimana bahaya radikal bebas ini sangat serius, dampaknya dapat menyebabkan seseorang menglami kanker. Dimana serangan radikal bebas ini mengakibatkan tejadinya kekacauan pada sel-sel tubuh.

Sel-sel nan awalnya merupakan sel nan normal akan bermutasi menjadi bentuk-bentuk sel kanker. Resiko kanker usus besar dapat diminimalkan dengan rutin mengonsumsi minyak bunga matahari.

Dari laman Sylecraze.com, bahwa kandungan karotenoid nan ada di dalam minyak bunga matahari berkhasiat tuk membantu menurunkan resiko kanker paru-paru, kanker kulit dan kanker rahim.



3. tuk Kesehatan dan Keindahan Kulit
Khasiat dari minyak bunga matahari dapat kamu manfaatkan tuk kesehatan kulit, disamping juga membuat kulit lebih indah. Hal itu sebab kandungan vitamin E di dalam minyak bunga matahari nan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Fungsi kandungan vitamin E ini yaitu menangkal paparan sinar UV / matahari nan berbahaya bagi kulit, sehingga efek buruk dari terlalu lama berada di bawah sinar matahari langung, dapat tuk diminimalisir. Manfaat lainnya yaitu tuk melancarkan proses regenerasi sel kulit.

Kandungan vitamin C juga bermanfaat tuk mencegah kerusakan pada sel-sel kulit nan sensitif akibat sinar ultraviolet.

Demikian juga, kandungan beta karoten di dalam minyak bunga matahari berfungsi dalam menangkal dan mengontrol radikal bebas nan masuk menyerang ke dalam tubuh, supaya mencegah terjadinya kerusakan pada kulit, bahkan juga mencegah kulit terbakar dan mencegah kanker kulit akibat serangan radikal bebas.

Penggunaan minyak bunga matahari juga sering dilakukan dalam usaha perawatan kulit, dimana minyak bunga matahari dinilai ampuh tuk membuat kulit menjadi lentur dan lembut, sehingga hal ini juga membantu mencegah terjadinya penuaan dini

Minyak bunga matahari juga menjadi sumber asam lemak esensial nan berfungsi tuk memproteksi kulit dari terkena masalah infeksi bakteri. Sehingga bermanfaat tuk menjadikan kulit nan cerah dan sehat.

4. tuk Rambut dan Kulit Kepala
Minyak bunga matahari dinilai memiliki khasiat luar biasa dalam menjaga kesehatan dan keindahan rambut, sebab di dalamnya terkandung nutrisi penting berupa vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, Asam lemak dan asam folat.

Selain itu, terkandung mineral penting berupa kalsium, kalium dan zat besi. Kandungan Asam lemak omega sudah umum diketahui memiliki fungsi tuk memperkuat rambut supaya gak mudah rontok.

Pada beberapa studi menyatakan bahwa bahan minyak bunga matahari dapat diaplikasikan pada rambut, nan akan memberikan manfaat berupa perlindungan rambut dari paparan sinar matahari.

Rambut dapat lebih terjaga kesehatannya dan dapat meminimalisir dampak buruk dari terkena sengatan sinar matahari nan lama, dimana rambut tetap terjaga kesehatannya, kekuatannya dan juga rambut dapat lebih bersinar.

Kandungan di dalam minyak bunga matahari berperan sebagai emolien pada kulit kepala, guna menjaga kelembaban rambut.

Masalah kulit kepala kering perlu mendapatkan perhatian serius sebab akibatnya nan dapat merugikan, baik pada rambut maupun kulit kepala itu sendiri, salah satunya dapat memicu timbulnya ketombe.

Bahan minyak bunga matahari ini dapat diandalkan tuk mengatasinya, bahan minyak bunga matahari seringkali dimanfaatkan di dalam produk perawatan rambut.

kamu dapat megaplikasikan minyak bunga matahari pada rambut sehingga nantinya dapat tuk mengatasi permasalahan rambut rusak dan kering. Caranya:
  1. Pertama-tama siapkan kantong plastik
  2. Tuangkan minyak bunga matahari pada cangkir, setengahnya saja, jangai sampai penuh. Lalu masukan pada kantong plastik nan sudah disiapkan tersebut.
  3. kamu masukan juga pada kantong plastik tersebut minyak esensial berupa lavender, masukan sebanyak sepuluh tetes saja.
  4. Tambahkan juga sebanyak dua sendok teh minyak vitamin E 1, serta satu sendok makan madu.
  5. Kemudian kocok kantong plastik tersebut beberapa lama, hingga bahan-bahan di dalamnya tercampur hingga merata. Pastikan dalam mengocok, kantong plastik dalam keadaan rapat sehingga bahan-bahan di dalamnya gak tebuang keluar.
  6. Lalu siapkan sebuah mangkok besar nan di dalamnya diisi dengan air panas (jangan diisi air panas secara penuh).
  7. kamu taruh kantong plastik tersebut di atas mangkok berisi air panas tersebut.
  8. Biarkan beberapa lama, supaya bahan ramuan di dalam kantong plastik menjadi hangat.
  9. Setelah itu, buka kantong plastik, ambil ramuan tersebut lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut. Setelah mengoleskan sampai merata, maka tutupi rambut memakai handuk hangat.
  10. Setelah beberapa waktu, barulah lakukan keramasi pada rambut.
  11. Bersihkan rambut hingga bersih kembali.

loading...

5. Mengatasi Jerawat
Timbunya jerawat akibat kotoran dan minyak berlebih pada folikel wajah nan ada dibagian bawah kulit wajah. Jerawat terjadi akibat jarang tuk mencuci wajah, apalagi setelah lama berada di jalanan besar.

Minyak bunga matahari nan di dalamnya kaya akan kandungan vitamin dan asam lemak esensial, memiliki fungsi nan penting sebagai lapisan pelindung bagi kulit wajah. Sehingga mencegah wajah mengalami peradangan, infeksi dan semacamnya.

Kandungan di dalam minyak bunga matahari dinilai efektif tuk membantu mencegah dan menghilangkan jerawat.

tuk melakukannya, bahkan termasuk tuk menghilangkan jerawat nan membandel. Maka caranya hanya dengan mengaplikasikan (mengoleskan) minyak bunga matahari pada bagian jerawat di wajah.

Kandungan vitamin A, C, D, dan E, serta asam lemak esensial berfungsi tuk membantu menghilangkan jerawat, juga membuat wajah lebih cerah.

6. Menjaga Kesehatan Jantung
Minyak bunga matahari memiliki kandungan penting vitamin E nan tinggi. Jenis lemak nan umum terkandung di dalam minyak bunga matahari yaitu jenis lemak tak jenuh, baik itu nan tunggal maupun ganda. Ini adalah jenis lemak nan sehat.

Kandungan lemak sehat tersebut nan dikombinasikan dengan kandungan vitamin E, menjadikan minyak bunga matahari cukup efektif dalam menjaga kesehatan jantung, dan secara umum termasuk minyak nan sehat tuk dikonsumsi.

Dengan menjaga pola makan nan sehat dan seimbang, yaitu termasuk keseimbangan asupan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, bermanfaat besar tuk menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah penyakit nan dikatakan para ahli kesehatan merupakan penyakit nan paling mematikan.

Menurut Dietary Guidelines dari badan ‘U.S. Department of Health and Human Services’, bahwa kadar lemak nan masih terkontrol dari berbagai jenis makanan nan dikonsumsi, yaitu idelanya 20 sampai 35 persen kalori adalah berasal dari lemak.

Itu setara dengan konsumsi batas lemak nan aman adalah 44-78 gram lemak per hari, dari total 2.000 kalori (kebutuhan harian). Itu adalah batas aman konsumsi lemak. Setiap orang mungkin memiliki tingkat kebutuhan kalori nan berbeda-beda, tergantung kondisinya.

Dengan konsumsi asupam lemak nan terkontrol (gak berlebihan dan gak kekurangan), mampu menjaga berat badan nan sehat dan ideal.

Konsumsi minyak bunga matahari dalam jumlah tepat (di dalamnya terkandung lemak sehat) bermanfaat tuk mencegah penyakit jantung dan menjaga berat badan nan ideal

Dari laman Stylecraze.com. Terdapat kandungan lainnya pada minyak bunga matahari yaitu asam fenolik dan kolin, kedua kandungan tersebut juga memiliki peran dalam menjaga kesehatan organ jantung.

Dari laman Organicfacts.net. Minyak bunga matahari nan gak mengandung lemak jenuh, hal ini artinya manfaatnya mampu tuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Dengan begitu, maka menurun juga resiko terjadinya penyumbatan arteri, serta resiko serangan jantung, stroke dan hipertensi.


7. Menenangkan Saraf Dan Otot Tubuh
Di dalam minyak bunga matahari terdapat magnesium, fungsinya tuk menjaga keseimbangan zat kalsium di dalam tubuh. Dengan kadar zat kalsium nan tepat di dalam tubuh, memberikan manfaat tuk ketenangan saraf dan otot tubuh.

Kandungan magnesium ini membuat saraf pembuluh darah dapat berjalan dengan normal / sehat. Adapun apabila seseorang kekurangan asupan magnesium akan berdampak buruk berupa resiko mengalami kejang otot tubuh, kram otot, hipertensi, migrain, dan tubuh rentan mengalami nyeri.

Dari laman Stylecraze.com. Folat atau asam folat nan ditemukan di dalam minyak bunga matahari bermafaat tuk mengoptimalkan proses pembuatan sel-sel baru di dalam tubuh. Kandungan magnesium dapat mencegah kram otot.

Disamping itu, kandungan triptofan bermanfat tuk membuat rileks otak dan membuat tidur dapat lebih nyenyak sebab fungsinya nan membantu produksi neurotransmitter yaitu senyawa serotonin.

8. Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan magnesium juga memiliki fungsi penting tuk kebutuhan tulang nan mencukupi, bahkan asupan magnesium termasuk kebutuhan nan utama dalam perkembangan tulang di dalam tubuh, sehingga tulang dapat tumbuh dengan sehat.

9. Mencegah Depresi
Kandungan magnesium juga bermanfaat tuk menstabilkan gangguan hati, sehingga mengonsumsi minyak bunga matahari berkhasiat tuk menjaga mood, serta mencegah depresi dan rasa cemas nan berlebihan. Kandungan magnesium bekerja di dalam tubuh tuk mengatur produksi oksida nitrat neuronal.

10. tuk Kulit Wajah
Manfaat minyak bunga matahari berguna tuk mengatasi kulit kering, serta mencegah terjadinya iritasi dan peradangan pada kulit.

Kandungan beta karoten berfungsi tuk mengontrol radikal bebas nan menyerang, supaya gak memberikan dampak pada kerusakan kulit.

Selain itu, minyak buanga matahari mengandung asam lemak esensial serta vitamin A, C, D, dan E nan berkhasiat tuk melawan dampak buruk nan disebabkan serangan bakteri pada kulit.

Kandungan di dalam minyak bunga matahari juga memiliki keampuhan tuk membantu menghilangkan jerawat dan membuat kuli wajah lebih cerah.

Selain manfaatnya tuk memproteksi kulit supaya terhindar dari dampak buruk sengatan sinar UV, minyak bunga matahari juga bermanfaat tuk membantu mencegah penuaan dini.

Penggunaan bahan minyak bunga matahari nan dilakukan rutin mampu menurunkan resiko penuaan dini. Tanda-tanda penuaan seperti munculnya keriput pada kulit. Kandungan Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan nan ampuh tuk menjadikan kulit terlihat cerah dan segar.

11. Pembersih Kulit Secara Umum
kamu dapat memanfaatkan minyak bunga matahari tuk membersihkan kulit. kamu dapat mencampurnya dengan minyak jarak tuk kemudian diaplikasikan pada kulit. Manfaatnya mampu menghilangkan sel-sel kulit mati, serta dapat membuat kekenyalan kulit tetap terjaga baik, sehingga kamu dapat tercegah dari tanda-tanda penuaan dini.

Baik itu mengaplikasikan langsung ke kulit, maupun dengan mengonsumsinya, minyak bunga matahari bermanfaat tuk banyak hal, yaitu:
  • Membuat kulit lembut.
  • Mengatasi masalah kulit kering
  • Membantu tuk menghilangkan atau mencegah timbulnya lingkaran hitam pada mata.
  • Membuat mata supaya dapat tetap rileks walaupun dalam keadaan lelah.
  • Membantu tuk menghilangkan bintik-bintik gelap pada wajah
  • Menghilangkan bekas jerawat.
  • dapat dimanfaatkan tuk menghapus bekas riasan hingga bersih.

12. Mencegah Arthritis
Dari laman Medindia.net. Kandungan di dalam minyak biji bunga matahari dinyatakan telah mampu tuk mencegah terjadinya masalah peradangan / inflamasi. Kandungan lipid utama berupa asam linoleat, mampu bekerja tuk mengurangi gejala peradangan nan muncul di kulit.

Kandungan ini bekerja dengan mengaktifkan peroksisom proliferatif-activated receptor-alpha (PPAR-α). Berdasarkan penelitian, hal itu sudah dikaitkan dengan penurunan tingkat keparahan penyakit rheumatoid arthritis.

13. Mencegah Asma
Dari laman Organicfacts.net. Fungsi kandungan minyak bunga matahari nan mampu berperan dengan baik sebagai anti-inflamasi, membuatnya dinyatakan oleh para ahli kesehatan mampu bermanfaat tuk menurunkan tingkat keparahan serangan asma, hal ini berkat sifat anti-inflamasinya itu.

Dari laman Medindia.net. Kandungan vitamin E nan ada di dalam minyak bunga matahari mampu mengurangi dan mencegah kerusakan pasokan oksigen ke jaringan tubuh, serta dapat mengobati peradangan, nyeri, dan reaksi alergi.

Sejumlah studi telah menemkan bahwa manfaat kandungan vitamin E dapat mengurangi bahaya bronkokonstriksi nan terkait dengan peningkatan resiko asma. 

14 . Mencegah Penuaan Dini
Kandungan Vitamin E nan mampu melindungi kulit dari resiko kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, juga ampuh dimanfaatkan tuk mencegah penuaan dini. Secara berkala pemanfaatan minyak bunga matahari ini mampu mencegah ataupun mengurangi keriput pada kulit.

Kandungan antioksidan nan tinggi pada minyak bunga matahari mampu melindungi kulit dari banyak masalah nan menganggu keindahan dan kesehatan kulit, serta dapat membuat kulit dapat terlihat selalu muda.

kandungan di dalam minyak bunga matahari mampu mencegah munculnya garis-garis halus, kulit keriput dan berbagai bentuk tanda penuaan lainnya.

Dari laman Stylecraze.com. Sering terkena paparan radikal bebas serta sinar matahari menimbulkan resiko peningkatan laju penuaan kulit, nan akhirnya mengakibatkan muculnya keriput dan garis-garis halus pada usia muda. Sifat antioksidan dari minyak bunga matahari mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini.

15. Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh
Dari laman Medindia.net. Minyak bunga matahari memiliki kandungan asam linoleat nan mencukupi tuk pemeliharaan respon imun tubuh. Kandungan asam linoleat diperlukan tubuh tuk menjaga sistem kekebalan tubuh supaya berjalan dengan normal.

Kandungan asam lemak esensial di dalam minyak bunga matahari ini membantu tuk membangun sel-sel baru dan jaringan tubuh, nan hal ini bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

16. Menyehatkan Pencernaan
Dari laman Medindia.net. Minyak biji bunga matahari terdapat kandungan tinggi asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), kandungan ini mampu bermanfaat tuk meningkatkan daya cerna tubuh sehingga kamu akan memiliki pencernaan nan terjaga kesehatannya.

17. Membantu Bantuan Berat Badan
Dari laman Medindia.net. Pada sebuah penelitian, konsumsi minyak bunga matahari dapat meningkatkan kadar adiponektin pada wanita pasca-menopause, nan hal ini dinyatakan mampu mengurangi berat badan. Adiponektin memiliki fungsi dalam membantu proses pemecahan asam lemak di dalam tubuh.

18. Mengilaukan Rambut dan Mencegah Rambut Rontok
Dari laman Stylecraze.com. Minyak bunga matahari dapat melembutkan rambut dan juga membuat rambut semakin kemilau. Minyak biji bunga matahari membantu tuk mengatasi masalah kekeringan dan kerusakan pada rambut.

Kandungan nan ada di dalam minyak ini mampu mempertahankan kilau dan tekstur rambut nan normal dan sehat. kamu dapat mengaplikasikan minyak bunga matahari pada rambut dan kulit kepala, sembari memijat pada kulit kepala dalam penggunaannya.

Minyak bunga matahari kaya akan kandungan penting yaitu gamma alpha linolenic acid (GLA) nan bermanfaat tuk mencegah terjadinya penipisan rambut. Sehingga penggunaannya mampu diandalkan dalam mengatasi masalah rambut rontok, kebotakan dan beberapa masalah rambut lainnya.

19. Meningkatkan Energi / Tenaga
Dari laman Organicfacts.net. Kandungan asam lemak nan terkandung di dalam minyak bunga matahari bermanfaat tuk memberikan peningkatan energi tubuh.

Kandungan lemak jenuh bedampak buruk yaitu membuat kamu merasa lemah tubuh dan gak bersemangat.

Adapun nan ada di dalam minyak bunga matahari adalah kandungan lemak tak jenuh nan justru bermanfaat tuk membuat kamu selalu merasa berenergi, dan memiliki ketersediaan tenaga nan cukup dalam menjalani aktivitas padat seharian.

Hal nan Perlu Diperhatikan Dalam Konsumsi Minyak Bunga Matahari
Dari laman JPNN.com, Sulit tuk gak memakai minyak dalam mengolah bahan makanan, apalagi apabila kamu pecinta gorengan. Memilih minyak nan sehat dapat menjadi pemecahan masalah ini.

Dimana banyak ahli kesehatan pun banyak nan menyarankan tuk penggunaan minyak nabati sebab dinilai gak memberikan dampak buruk berupa hipertensi dan kolesterol. Akan tetapi, faktanya minyak nabati tak selamanya menyehatkan.

Saat memanaskan minyak nabati, nan salah satu contohnya adalah minyak bunga matahari, maka akan menghasilkan sebuah jenis zat kimia nan dapat membahayakan yaitu aldehida. Dimana zat tersebut, berdasarkan penelitian sudah dihubung-hubungkan dengan peningkatan resiko penyakit kanker, penyakit jantung dan demensia.

Profesor kimia, Martin Grootveld mengatakan “Saya terkejut sebab saya selalu berpikir minyak nabati merupakan minyak nan sehat,”.

Pada sebuah studi nan dilakuakannya, Grootveld melakukan penelitian pada orang-orang nan memasak dengan memakai berbagai jenis minyak. Kemudian, semuanya itu dilakukan analisa mendalam, dengan bantuan pihak ahli kesehatan dari De Montfort University, Leicester, Inggris.

Hasilnya, ternyata struktur molekul ternyata berubah pada suhu sekitar 356 Fahrenheit, dimana ini mengakibatkan terjadinya oksidasi, nan kemudian memunculkan zat kimia berbahaya aldehida dan peroksida lipid.

John Stein, profesor emeritus ilmu saraf di Oxford, menjelaskan bahwa konsumsi minyak nabati juga dapat menyebabkan gangguan pada organ otak.

Oleh sebab itu, walaupun katanya minyak sehat, tetap saja konsumsi minyak bunga matahari gak boleh berlebihan.

0 Response to "19 Khasiat Minyak Bunga Matahari: tuk Kesehatan, Kecantikan, Kulit, Wajah, Rambut, dll"

Posting Komentar