19 Khasiat Terong Belanda tuk Kesehatan, Diet, Hipertensi, Diabetes, Kanker, dll

Terong belanda memiliki rasa asam manis dan memberikan efek nan menyegarkan. Mengonsumsi terong belanda memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Kandungan nan ada di dalam terong belanda yaitu serat, protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin C dan air.

Walaupun namanya sama-sama terong, akan tetapi terong belanda sangatlah berbeda dari terong ungu atau terong hijau nan sudah umum diketahui dan sering dimanfaatkan sebagai sayuran pelengkap nasi lalapan.

Terong Belanda
Terong Belanda | Sumber gambar: Wikimedia.org

Terong belanda ini sebetulnya berasal dari wilayah benua Amerika. Buah ini disebut terong belanda sebab awalnya diperkenalkan oleh seorang dari Belanda. Adapun dalam bahasa inggris, terong belanda disebut dengan nama "tamarillo".

Manfaat Terong Belanda

1. Mencegah Penuaan Dini
Serangan radikal bebas pada tubuh mengakibatkan timbulnya masalah pada kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu mengakibatkan kerusakan kulit. Dampak nan ditimbulkan membuat kulit terlihat kusam dan gak indah, serta menyebabkan timbulnya keriput pada usia dini.

Di dalam terong belanda memiliki kandungan antioksidan nan tinggi nan bermanfaat tuk menangkal serangan radikal bebas, sehingga mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat radikal bebas, termasuk mencegah resiki penuaan dini.

Selain itu, terong belanda juga memiliki kandungan vitamin C dan E nan memberikan manfaat bagi kesehatan dan keindahan kulit. Kandungan tersebut membantu tuk menjaga kulit supaya tetap kencang dan kenyal, serta membuat kulit dapat awet muda.

2. Membantu Mengatasi Diabetes
Terong belanda memiliki kadar glikemik nan rendah, itu artinya konsumsi terong merah sangat baik tuk menjaga kestabilan gula darah.

Selain itu, kandungan serat nan terkandung di dalam terong belanda berkhasiat tuk membantu menstabilkan gula darah, sehingga terhindar dari masalah kadar gula darah tinggi.

Dari laman Stylecraze.com, bahwa di dalam terong belanda terdapat senyawa asam klorogenat nan berkhasiat tuk membantu menurunkan kadar gula darah, nan manfaat ini sangat penting tuk menghindari masalah nan ditimbulkan dari penyakit diabetes mellitus tipe-II.

Di dalam terong belanda terkandung antioksidan nan tinggi, nan berfungsi tuk meminimalisir masalah stres oksidatif pada organ tubuh seperti pankreas dan hati.

Dari laman Nutrition-and-you.com, bahwa terong belanda memilki kandungan antioksidan nan sangat baik, beupa senyawa polifenolik, flavonol dan senyawa anthocyanidin. Beberapa phytochemical termasuk asam chlorogenic, kaempferol, dan pigmen antosianin.

Pada hasil studi ilmiah nan telah dilakukan, menunjukkan bahwa senyawa asam klorogenik (nan terkandung di dalam terong) mampu bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah pada diabetes mellitus tipe-II.


3. Menjaga Kesehatan Mata
Terong belanda memiliki kandungan vitamin A nan cukup tingi, hal ini sangat bermanfaat tuk menjaga kesehatan mata. Dengan terpenuhinya asupan vitamin A bagi tubuh, maka bermanfaat tuk meningkatkan kualitas penglihatan mata.

Selain itu membantu tuk menurunkan resiko terkena penyakit katarak, rabun mata, dan silinder. Dari laman Stylecraze.com, menyebutkan bahwa konsumsi terong belanda sangat baik tuk menjaga penglihatan nan sehat.

Dimana kandungan vitamin A bekerja tuk mengembalikan kelembaban membran mata nan berfungsi dalam membantu menghalangi bakteri dan virus. Hal ini berguna tuk melindungi mata dari resiko infeksi, serta mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Dari laman Nutrition-and-you.com, menyebutkan bahwa kandungan antioksidan bersama-sama dengan vitamin-A (nan terkandung di dalam terong belanda) berfungsi tuk menjaga kesehatan visual nan baik.

Manfaat vitamin-A dan antioksidan juga tuk menjaga kesehatan kulit, melindungi kesehatan paru-paru dan mencegah penyakit kanker rongga mulut.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Hal-hal nan memicu timbulnya penyakit jantung yaitu mengalami masalah tekanan darah tinggi dan terjadinya gangguan pada fungsi pembuluh darah. Khasiat terong belanda nan memiliki kandungan magnesium, kalium, potasium dan mangan, bermanfaat tuk mencegah hal tersebut.

Dari laman Stylecraze.com, bahwa kandungan kalium nan ditemukan di dalam terong belanda befungsi tuk meminimalisir efek buruk dari kadar natrium nan tinggi dalam organ jantung.

Adapun kandungan magnesium berfungsi penting dalam menjaga sistem kardiovaskular tubuh. Terong belanda juga memiliki kandungan serat nan tinggi, manfaatnya tuk menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga tubuh terhindar dari masalah buruk akibat konsumsi makanan nan mengandung kolesterol tinggi.

Terong belanda juga memiliki sifat antioksidan nan kuat, hal ini sangat berguna dalam membantu mengurangi stres oksidatif nan berdampak pada resiko stroke.

5. Mengobati Sembelit
Terung Belanda mengandung vitamin C nan memiliki banyak manfaat, termasuk nan cukup dikenal adalah menyembuhkan sariawan dan memperkuat imun tubuh. Terung Belanda juga mengandung potasium, fosfor dan magnesium nan bermanfaat tuk pertumbuhan tulang.

Adapun kandungan serat nan ada di dalam terong belanda mengandung serat bermanfaat tuk mengobati dan mencegah penyakit sembelit. Dimana kandungan terong belanda berfungsi penting dalam menjaga kesehatan pencernaan tubuh.

Kandungan antioksidan nan kuat pada terong belanda bermanfaat tuk memperkuat daya tahan tubuh nan lebih baik. Gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare dapat berkurang gejalanya dengan mengkonsumsi terong belanda. Kandungan serat ini nan sangat penting dalam melancarkan proses pencernaan.

Kandungan vitamin B kompleks nan ditemukan di dalam terong belanda juga berkontribusi tuk membantu melancarkan metabolisme tubuh, melancarkan proses pergerakan usus dan meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

loading...

6. Membuat Tubuh Lebih Segar
Terong belanda nan mempunyai rasa nan cenderung asam dan rasanya juga sedikit kecut. Maka rasa asam pada terong belanda ini nan memberikan efek menyegarkan pada tubuh (termasuk membantu tuk membuat pikiran lebih fresh).

Banyak nan menyarankan tuk mengonsumsi jus terong belanda dengan tambahan es batu dan air dingin.

Sehingga nantinya saat kondisi lelah dan agak mengantuk, maka mengonsumsinya mampu meminimalisir rasa lelah nan berlebihan, sehingga kamu dapat beraktivitas lebih panjang dan memiliki produktivitas nan lebih banyak.

7. Menurunkan Berat Badan
Terong belanda memiliki kandungan serat nan bermanfaat baik orang-orang nan mau diet, sehingga mengonsumsi terong belanda menjadi cara ampuh tuk mengganjal perut supaya gak makan secara berlebihan. Dimana makan terong belanda juga dapat membuat keinginan ngemil menjadi berkurang.

Dari laman Stylecraze.com, bahwa sifat asam nan ada pada terong belanda berkhasiat tuk membantu mengurangi lemak di dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh. Disamping itu, tuk menurunkan berat badan maka harus rutin berolahraga.

8. Mencegah Kanker
Dalam terong belanda memiliki kandungan senyawa likopen (sebagai antioksidan) nan berfungsi tuk menghadang serangan radikal bebas pada tubuh. Dimana salah satu dampak paling berbahaya dari radikal bebas adalah penyakit kanker.

Kandungan antioksidan nan tinggi di dalam terong belanda bermanfaat tuk membantu memaksimalkan proses regenerasi sel DNA nan rusak, sehingga gak memberikan ruang bagi sel kanker tuk berkembang.

Sangat penting supaya tubuh terhindar dari kanker, maka kamu harus menghindari (membatasi) asupan makanan nan bersifat karsinogen, zat karsinogen memicu tingginya resiko kanker. 

9. Mengobati Sariawan, Panas Dalam dan Sakit Tenggorokan
Kandungan vitamin C  nan cukup tinggi di dalam terong belanda, memiliki khasiat penting dalam mencegah dan mengobati sariawan, sakit tenggorokan atau gejala panas dalam nan lainnya. Kandungan vitamin C memiliki fungsi penting dalam proses penyembuhan jenis penyakit panas dalam seperti sariawan dan lainnya.

10. Mengatasi Hipertensi
Di dalam terong belanda memiliki kandungan potassiun nan cukup tinggi. Kandungan potassium ini berperan penting dalam mengontrol tekanan darah dan detak jantung supaya dalam kondisi normal. Sehingga dengan khasiatnya tersebut, terong belanda dapat dikatakan sebagai obat alami hipertensi.

Dari laman Stylecraze.com, menyebutkan bahwa meningkatkan asupan terong belanda mampu bermanfaat tuk menurunkan kadar tekanan darah tinggi. Kandungan dari mineral dan kalium juga memiliki fungsi tuk membantu mengontrol tekanan darah.

11. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Konsumsi terong belanda bermanfaat tuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal itu disebabkan terong belanda memiliki Vitamin C nan berfungsi penting dalam menjaga kekebalan tubuh, sehingga nantinya tubuh gak mudah jatuh sakit, tubuh juga dapat lebih fit dan gak mudah lelah


12. Mencegah Anemia
Terong belanda nan mengandung serat, vitamin A, vitamin C, likopen, dan antioksidan, selain itu terong Belanda juga memiliki kandungan zat besi nan bermanfaat tuk menambah darah dan mencegah terkena penyakit anemia.

Gejala anemia yaitu tubuh mudah terserang penyakit, mudah letih, tubuh terasa lesu, dan jiwa gak bersemangat dalam bekerja atau melakukan kegiatan.

13. Mengobati Penyakit Maag
Ketika sering mengalami masalah maag, kamu dapat memanfaatkan manfaat terong belanda ini tuk mengobati sakit maag. Konsumsi terong belanda mampu mengobati maag secara alami. Dimana di dalam terong belanda terkandung vitamin C nan bermanfaat tuk meminimalisir gejala maag, dan juga mencegah maag kambuh lagi.

Selain itu, supaya maag gak kambuh kembali, maka jangan sampai telat makan, usahakan makan dengan teratur.

14. Mencegah Penyakit Alzheimer dan Parkinson
Tingginya resiko penyakit Alzheimer dan Parkinson disebabkan sebab terjadinya kerusakan pada organ otak, nan kemudian mengakibatkan masalah pada kemampuan daya ingat dan gerak tubuh nan menurun.

Terong belanda memiliki kandungan antioksidan nan tinggi, nan berfungsi tuk memperikan perlindungan pada organ otak. Senyawa antioksidan sangat berperan dalam mencegah penyakit alzheimer. Kandungan antioksidan berfungsi tuk membantu tubuh dalam melawan banyak jenis serangan penyakit.

15. Menurunkan Kolesterol
Terong belanda memiliki kandungan serat nan bermanfaat tuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.

tuk mendapatkan manfaat ini, maka disarankan supaya kamu minum jus terong belanda, nan manfaatnya juga menjaga pembuluh darah tetap sehat dan bersih.

16. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Konsumsi terong belanda memmberikan manfaat tuk kesehatan dan kekuaran tulang dan gigi. Kandungan kalsium nan ditemukan di dalam terong belanda dapat menghindari terjadinya resiko tulang keropos, nyeri pada tulang, dan sakit gigi atau gangguan pada gigi.

Kalsium adalah mineral nan sangat diperlukan tubuh supaya terhindar dari bermacam-macam penyakit. Hampir semua kalsium nan ada di dalam tubuh, berkumpul di bagian tulang dan gigi.

Dimana hanya 1% nya saja nan tersebar di bagian tubuh lainnya, seperti di bagian sel-sel otot, aliran darah, serta jaringan-jaringan tubuh nan lainnya.

Mineral kalsium nan ada di dalam tubuh dapat terus berkurang, hal ini sejalan dengan bertambahnya umur. Sehingga, sangat penting tuk memperhatikan kecukupan asupan kalsium bagi kebutuhan tubuh.

Pentingnya mencukupi kebutuhan kalsium, supaya terhindar dari bermacam-macam penyakit nan diakibatkan oleh kekurangan asupan kalsium, salah satunya adalah penyakit osteoporosis.

17. Menjaga Kesehatan Kulit
Dari laman Stylecraze.com, bahwa di dalam terong belanda terkandung vitamin A, C dan E nan bermanfaat tuk menjaga kesehatan kulit. Kandungna-kandungan nan ada di dalam terong belanda mampu tuk menjaga kulit supaya bercahaya dan terjaga kesehatannya.

Kandungan lainnya seperti senyawa fenol, antosianin, dan flavonoid juga berperan dalam melindungi kulit dari masalah stres oksidatif dan polusi. Manfaat lainnya yaitu mencegah penuaan dini.

18. Menyembuhkan Bisul
kamu dapat memanfaatkan terong belanda sebagai obat luar tuk mengobati penyakit bisul. Caranya dengan mengoleskan secara langsung ke bagian kulit nan mengalami penyakit bisul. Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi terong belanda sebagai pengobatan dari dalam.

19. Kaya akan Vitamin dan Nutrisi Lainnya.
Dari laman Stylecraze.com, menyebutkan bahwa terong belanda dikemas dengan asupan vitamin A, C, E dan pro-vitamin A. Selain itu, terkandung sumber vitamin B-kompleks seperti riboflavin, niasin dan tiamin.

Kandungan nutrisi nan ditemukan di dalam terong belanda adalah protein, kalsium, natrium, karbohidrat, lemak dan kalium.  dan natrium.

Kemudian juga terkandung mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, mangan, tembaga dan seng. Kandungan-kandungan di dalam terong belanda ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara Membuat Jus Terong Belanda
Bahan-bahan nan perlu kamu persiapkan adalah:
  • Terong belanda sekitar 100 gram
  • Batu es nan sebelumnya telah diserut
  • Yoghurt tawar 100 gram
  • Anggur merah 100 gram
  • Susu kental manis / sirup / madu (pilih salah satunya saja nan kamu suka, bebas)

Cara membuatnya: 
Pertama-tama masukan ke dalam blender semua bahan seperti terong belanda, yogurt, anggur merah, es nan telah diserut dan pelengkapnya (susu / madu / sirup).

Kemudian tinggal kamu blender, setelah itu hidangkan dalam kondisi dingin. Maka tinggal kamu nikmati.

0 Response to "19 Khasiat Terong Belanda tuk Kesehatan, Diet, Hipertensi, Diabetes, Kanker, dll"

Posting Komentar