Makanan dan Minuman Berpotensi Menyebabkan Keguguran


Makanan dan Minuman Berpotensi Menyebabkan Keguguran - Pada masa kehamilan tentunya kita harus sudah sepantasnya waspada terhadap penyebab keguguran. Beberapa penyebab ini harus di hindari dan di jaga agar tidak sampai terjadi tanda-tanda keguguran bahkan sampai keguguran sehingga janin bisa tetap sehat sampai lahir. Salah satu penyebab keguguran yaitu terdapat pada makanan yang di konsumsi. Banyak makan memang harus di lakukan dan di tuntut agar perut selalu ada isi agar mendapat nutrisi yang banyak bagi ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan sehingga nutrisi dapat terpenuhi dengan maksimal.

Selain makanan yang sehat terapat pantangan makanan yang tidak boleh di konsumsi dan bisa menyebabkan keguguran pada saat hamil. Memang bagi orang yang tidak hamil makanan ini tidak mengapa di konsumsi. Namun, ketika hamil makanan ini sebaiknya dihindari karena memang tidak baik walaupun kandungan di dalamnya mengandung vitamin dan nutrisi yang memadai dan di butuhkan oleh tubuh.

Makanan dan Minuman Berpotensi Menyebabkan Keguguran

Buah-buahan seperti apukad, kurma, buah naga dan manggis memang bagus sekali untuk di konsumsi oleh ibu hamil akan tetapi terdapat buah yang tidak baik juga seperti buah nanas, durian, dan beberapa buah lainnya yang dapat memicu keguguran. Oleh sebab itu, sengaja kami rangkum dan penting sekali untuk di ketahui oleh ibu hamil demi terhindar dari penyebab keguguran berulang dan bebas dari resiko yang tidak diinginkan selama kehamilan.

Makanan apa saja yang tidak boleh di konsumsi, berikut kurang lebih ada sembilan jenis makanan yang di nilai kurang baik bagi orang hamil untuk di konsumsi atara lain sebagai berikut :

Makanan dan Minuman Yang Menyebabkan Keguguran

Penyebab keguguran biasanya terjadi di awal-awal kehamilan, kurang lebih pada awal sekitar sampai 12 mingguan pada trimester pertama. Masa tersebut memang paling sering dan rentan untuk terjadi hal seperti itu. Banyak faktor yang dapat memicu keguguran antara lain bisa dari luar maupun dari dalam tubuh seorang ibu.

Beberapa survey yang dilakukan diantara satu sampai dengan 100 pasangan, terjadinya keguguran pada seorang ibu hamil sebanyak tiga kali berturut-turut. Selain itu survey lain yang di adakan satu dari lima kehamilan mengalami keguguran. Salah satu faktor yang memicu terjadinya keguguran yang paling sering yaitu adalah faktor makanan. Untuk itu kami rangkum makanan apa saja yang harus di hindari simak berikut ini.

1. Pepaya Muda
Pepaya mudah juga harus dihindari pada waktu masak kehamilan berlangsung. Mengandung senyawa papain. Selain itu juga sangat berbahaya bagi perkembangan janin atau embrio yang masih berproses. Pepaya mudah berpotensi keguguran. Terdapat beberapa penelitian tentang pepaya muda yang di coba pada seekor tikus pada saat makan pepaya.

2. Buah Delima
Buah berikutnya adalah delima, delima berpotensi menyebabkan keguguran apabila di konsumsi secara berlebihan. Buah ini paling berbahaya terdapat pada bijinya jadi apabila Anda sedang hamil kurangi atau hentikan dulu mengkonsumsi buah delima. Setelah selesai masa kehamilan baru tidak mengapa. Apabila buah delima ini di konsumsi akan menyebabkan kontraksi pada rahim dan berpotensi serta beresiko mengelami keguguran.

3. Buah Nanas
Buah nanas dapat memicu terjadinya keguguran apabila di konsumsi dalam jumlah banyak. Dalam buah nanas terdapat kandungan enzim yang bernama protease bromealin. Jadi bagi anda yang sedang hamil jangan dulu mengkonsumsi buah nanas karena termasuk dalam kategori buah pemicu keguguran. Selain itu makanan yang mengandung nanas juga di hindari agar lebih jauh dari resiko yang tidak diinginkan.

4. Kepiting
Kepiting, merupakan salah satu jenis makanan seafood yang banyak diminati oleh masyarakat. Tidak jarang masyarakat menjadikannya sebagai makanan favorit mereka. Selain rasanya yang enak dan lezat makanan ini juga mengandung banyak nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Kepiting mengandung kalsium yang bagus bagi tulang dan gigi. Akan tetapi itu bagi orang biasa namun, pada ibu hamil sebaiknya jangan mengkonsumsi kepiting atau makanan atau jenis olahan lain yang mengandung kepiting. Karena akan berakibat pada rahim ukurannya menjadi menyusut. Juga menjadi salah satu makanan yang masuk dalam daftar yang menyebabkan keguguran. Selain itu bisa juga berakibat pendarahan.

5. Ikan
Ikan di postingan sebelumnya masuk juga dalam kategori makanan yang baik untuk ibu hamil. Akan tetapi di sini masuk juga dalam jenis makanan yang berpotensi mengalami keguguran. Ikan mempunyai banyak vitamin dan protein yang memang di butuhkan oleh ibu hamil. Jenis ikan yang di maksud adalah jenis ikan kalengan yang mengandung pengawet dan tidak baik bagi kesehatan serta bahan kimia berbahaya lainnya. Apabila di konsumsi akan berpotensi bagi ibu hamil meningkatnya tekanan darah sehingga bisa berdampak buruk dan mengakibatkan retensi air.

6. Durian
Buah berikutnya adalah durian, durian mengandung arachidonat dan alkohol sehingga buah ini sangat tidak cocok bagi ibu hamil. Buah durian sebaiknya di hindari pada masa kehamilan berlangsung. Kandungan arachidonat akan berakibat fatal bagi janin dan memicu pembentukan prostaglandin. Sedangkan kandungan alkohol akan menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah dan juga bisa memicu terjadinya kelahiran prematur.

7. Daging dan Telur
Daging dan telur juga sebaiknya di hindari. Apalagi di masak kurang matang dan tidak sempurna masih setengah matang. Hati-hati bagi para ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan ini agar tidak sampai terjadi penyebab keguguran.

8. Keju
Keju memang baik dan mempunyai banyak manfaat namun, pada masa kehamilan sebainya harus di hindari terlebih dahulu karena didalamnya terdapat susu yang tidak dipasteurisasi dahulu. Keju masuk dalam salah satu jenis makanan yang bisa berpotensi menyebabkan keguguran. Kalaupun ingin haruslah pilih jenis keju yang benar-benar bagus dan aman bagi kesehatan. Sebaiknya dihindari dulu selama masa kehamilan berlangsung.

9. Tape
Tape memang enak namun apabila makan banyak perut bisa panas. Tape mengandung ragi dan alkohol sebaiknya dihindari pada masa kehamilan berlangsung. Sehingga dapat berpotensi buruk bagi kehamilan.

Mitos Penyebab Keguguran pada Ibu Hamil Lainnya

Selain beberapa daftar makanan di atas terdapat mitos yang menyebar di kalangan masyarakat kita tentang penyebab keguguran. Beberapa mitos ini di percaya bisa berakibat pada keguguran selama masa kehamilan. Seperti misalnya melepas tambalan gigi, jangan naik pesawat terbang, masak menggunakan microwave.

Demikian tips yang bisa kami berikan. Semoga artikel ini bisa membantu menjaga dan mengingatkan masa kehamilan anda sedang berlangsung. Semoga bermanfaat dan hati-hati juga menjaga kesehatan kandungan anda dan sering-sering periksa atau control ke dokter spesialis kandungan.

0 Response to "Makanan dan Minuman Berpotensi Menyebabkan Keguguran"

Posting Komentar